Pengertian Tes,
Pengukuran, Evaluasi Dan Assessment
A. Tes
Tes Berasal Dari Bahasa Latin “Testum”
Yang Berarti Sebuah Piringan Atau Jambangan Dari Tanah Liat. Pada Hakikatnya
Tes Adalah Suatu Alat Yang Berisi Serangkaian Tugas Yang Harus Dikerjakan Oleh
Peserta Didik Untuk Mengukur Suatu Aspek Perilaku Tertentu. Hal Ini Menunjukkan
Funsi Dari Tes Adalah Sebagai Alat Ukur.
Menurut Allen Philips (1979: 1-2) A Test Is
Commonly Difined As A Tool Or Instrument Of Measurement That Is Used To Obtain
Data About A Specific Trait Or Characteristic Of An Individual Or Group.( Test
Biasanya Diartikan Sebagai Alat Atau Instrumen Dari Pengukuran Yang Digunakan
Untuk Memperoleh Data Tentang Suatu Karakteristik Atau Ciri Yang Spesifik Dari
Individu Atau Kelompok). Menurut
Riduwan ( 2006: 37) Tes Sebagai Instrumen Pengumpulan Data Adalah Serangkaian
Pertanyaan / Latihan Yang Digunakan Untuk Mengukur Ketrampilan Pengetahuan,
Intelegensi, Kemampuan Atau Bakat Yang Dimiliki Individu / Kelompok.
B. Pengukuran
Pengukuran (Measurement) Adalah Proses
Pemberian Angka Atau Usaha Memperoleh Deskripsi Numeric Dari Suatu Tingkatan
Dimana Seseorang Peserta Didik Telah Mencapai Karakteristik Tertentu. Menurut Gronlund Yang Dikutip Sridadi (2007) Pengukuran : Suatu Kegiatan
Atau Proses Untuk Memperoleh Deskripsi Numerik Dan Tingkatan Atau Derajat
Karakteristik Khusus Yang Dimiliki Individu. Pengukuran Berkaitan Erat Dengan Proses Pencarian Atau Penentuan Nilai
Kuantitatif.
C. Evaluasi
Menurut Pengertian Bahasa Kata Evaluasi
Berasal Dari Bahasa Inggris Evaluation Yang Berarti Penilaian Atau Penaksiran
(John M. Echols Dan Hasan Shadily: 1983). Menurut Rusli Lutan (2000:22) Evaluasi Merupakan Proses Penentuan Nilai
Atau Kelayakan Data Yang Terhimpun.Evaluasi
Adalah Kegiatan Identifikasi Untuk Melihat Apakah Suatu Program Yang Telah
Direncanakan Telah Tercapai Atau Belum, Berharga Atau Tidak Berharga, Dan Dapat
Pula Untuk Melihat Tingkat Efisiensi Pelaksanaannya.Evaluasi Adalah Kegiatan Mengukur Dan Menilai.
Mengukur Lebih Besifat Kuantitatif, Sedangkan Menilai Lebih Bersifat
Kualitatif.
D. Essessment
Menurut Suharsimi Yang Dikutip Oleh
Sridadi(2007) Penilaian Adalah Suatu Usaha Yang Dilakukan Dalam Pengambilan
Keputusan Terhadap Sesuatu Dengan Ukuran Baik-Buruk → Bersifat Kualitatif. Penilaian Adalah Suatu Proses Atau
Kegiatan Yang Sistematis Dan Berkesinambungan Untuk Mengumpulkan Informasi
Tentang Proses Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Rangka Membuat
Keputusan-Keputusan Berdasarkan Kriteria Dari Pertimbangan Tertentu. Asessment
Bertujuan Untuk Menyediakan Informasi Yang Selanjutkan Digunakan Untuk
Keperluan Informasi.
Perbedaan Tes, Pengukuran, Assessment Dan Evaluasi
Harlen (1982) Mengungkapkan Perbedaan Antara Asesmen Dan Evaluasi Dalam
Hal Metode. Evaluasi Dinyatakan Menggunakan Kriteria Dan Metode Yang
Bervariasi. Asesmen Dalam Hal Ini Hanya Merupakan Salah Satu Dari Metode Yang
Dipilih Untuk Evaluasi Tersebut. Selain Dari Itu, Subyek Untuk Asesmen Hanya
Siswa, Sementara Itu Subyek Evaluasi Lebih Luas Dan Beragam Seperti Siswa,
Guru, Materi, Organisasi, Dll.
Yulaelawati (2004) Menekankan Kembali Bahwa Scope
Asesmen Hanya Mencakup Kompetensi Lulusan Dan Perbaikan Cara Belajar Siswa.
Jadi Hubungannya Lebih Pada Peserta Didik. Ruang Lingkup Evaluasi Yang Lebih
Luas Ditunjukkan Dengan Cakupannya Yang Meliputi Isi Atau Substansi, Proses
Pelaksanaan Program Pendidikan, Kompetensi Lulusan, Pengadaan Dan Peningkatan
Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan, Sarana Dan Prasarana, Dan
Pembiayaan.
Pengukuran, Tes, Dan Evaluasi Dalam Pendidikan Berperan Dalam Seleksi,
Penempatan, Diagnosa, Remedial, Umpan Balik, Memotivasi Dan Membimbing. Baik
Tes Maupun Pengukuran Keduanya Terkait Dan Menjadi Bagian Istilah Evaluasi.
Meski Begitu, Terdapat Perbedaan Makna Antara Mengukur Dan Mengevaluasi.
Mengukur Adalah Membandingkan Sesuatu Dengan Satu Ukuran Tertentu. Dengan
Demikian Pengukuran Bersifat Kuantitatif. Sementara Itu Evaluasi Adalah
Pengambilan Suatu Keputusan Terhadap Sesuatu Dengan Ukuran Baik-Buruk Dengan
Demikian Pengambilan Keputusan Tersebut Lebih Bersifat Kualitatif
(Arikunto,2003; Zainul & Nasution, 2001).
Perbedaan Antara Tes, Pengukuran Dan Penilaian Terletak Pada Waktu Dan
Fungsinya. Tes Digunakan Sebagai Alat Atau Media Untuk Memperoleh Informasi
Tentang Orang Lain. Pengukuran Digunakan Untuk Memberi Angka Pada Karakteristik
Tertentu Yang Dimiliki Oleh Orang, Hal, Atau Obyek Yang Diambil Dari Sebuah
Tes. Sedangkan Penilaian Digunakan Untuk Mengambil Keputusan Berdasarkan
Data-Data Yang Diperoleh Berdasarkan Pengukuran Sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar